Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pentingnya Pendidikan Anak Usia DiniPentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan adalah merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu setiap warga Negara harus dan wajib mengikuti jenjang pendidikan, baik jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi. Dalam bidang pendidikan seorang anak dari lahir memerlukan pelayanan yang tepat dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan disertai dengan Pemahaman mengenai karakteristik anak sesuai pertumbuhan dan perkembangannya akan sangat membantu dalam menyesuaikan proses belajar bagi anak dengan usia, kebutuhan, dan kondisi masing-masing, baik secara intelektual, emosional dan sosial.

Sebelum bicara lebih jauh, apa sih pendidikan anak usia dini? Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagianak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Mengapa pendidikan anak usia dini itu sangat penting?

Berdasarkan hasil penelitian sekitar 50% kapabilitaas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berumur 4 tahun,8 0% telah terjadi perkembangan yang pesat tentang jaringan otak ketika anak berumur 8 tahun dan mencapai puncaknya ketika anak berumur 18 tahun, dan setelah itu walaupun dilakukan perbaikan nutrisi tidak akan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif.

Hal ini berarti bahwa perkembangan yang terjadi dalam kurun waktu 4 tahun pertama sama besarnya dengan perkembangan yang terjadi pada kurun waktu 14 tahun berikutnya. Sehingga periode ini merupakan periode kritis bagi anak, dimana perkembangan yang diperoleh pada periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya hingga masa dewasa. Sementara masa emas ini hanya datang sekali, sehingga apabila terlewatkan berarti habislah peluangnya.

Menurut Byrnes, pendidikan anak usia dini akan memberikan persiapan anak menghadapi masa-masa ke depannya, yang paling dekat adalah menghadapi masa sekolah. “Saat ini, beberapa taman kanak-kanak sudah meminta anak murid yang mau mendaftar di sana sudah bisa membaca dan berhitung. Di masa TK pun sudah mulai diajarkan kemampuan bersosialisasi dan problem solving. Karena kemampuan-kemampuan itu sudah bisa dibentuk sejak usia dini,” jelas Byrnes.

Selanjutnya menurut Byrnes, bahwa pendidikan anak usia dini itu penting, karena di usia inilah anak membentuk pendidikan yang paling bagus. Di usia inilah anak-anak harus membentuk kesiapan dirinya menghadapi masa sekolah dan masa depan. Investasi terbaik yang bisa Anda berikan untuk anak-anak adalah persiapan pendidikan mereka di usia dini.

Ada dua tujuan mengapa perlu diselenggarakan pendidikan anak usia dini, yaitu:

Tujuan utama: untuk membentuk anak yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.

Singkatnya, pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Apa perbedaan anak yang mendapatkan pendidikan anak usia dini di lembaga yang berkualitas dengan anak yang tidak mendapatkan pendidikan anak usia dini?

Menurut Byrnes (Peraih gelar Woman of the Year dari Vitasoy di Australia) di lembaga pendidikan anak usia dini yang bagus, anak-anak akan belajar menjadi pribadi yang mandiri, kuat bersosialisasi, percaya diri, punya rasa ingin tahu yang besar, bisa mengambil ide, mengembangkan ide, pergi ke sekolah lain dan siap belajar, cepat beradaptasi, dan semangat untuk belajar.

Sementara, anak yang tidak mendapat pendidikan usia dini, akan lamban menerima sesuatu. Anak yang tidak mendapat pendidikan usia dini yang tepat, akan seperti mobil yang tidak bensinnya tiris. Anak-anak yang berpendidikan usia dini tepat memiliki bensin penuh, mesinnya akan langsung jalan begitu ia ada di tempat baru. Sementara anak yang tidak berpendidikan usia dini akan kesulitan memulai mesinnya, jadinya lamban.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan sumber daya manusia. Begitu pentingnya pendidikan ini tidak mengherankan apabila banyak negara menaruh perhatian yang sangat besar terhadap penyelenggaraan pendidikan ini hingga pemerintah Indonesia pun memberikan layanan pendidikan gratis hingga tingkat SMP.

24 thoughts on “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini”

  1. Menurut saya lembaga-lembaga PAUD yang ada saat ini lebih tepat ditujukan bagi para ibu super sibuk. Mereka tidak punya waktu untuk mendidik balitanya.
    Saya dan adik tidak pernah merasakan bersekolah di TK. Kami langsung masuk SD pada usia 7 tahun dan berprestasi. Ibu saya lah yang menggembleng selama kami masih menjadi balita. Hal tsb menguatkan hubungan kami dengan ibu. Atas dasar itulah saya tidak berniat memasukkan balita saya ke lembaga PAUD. Kebetulan saya memilih menjadi ibu rumat tangga dibandingkan berkarier. Semoga menjadi pembelajaran bagi para ibu.

    Reply
  2. Ovie sangat beruntung memiliki ibu yang luar biasa. Saya yakin beliau pun memiliki basic “nurturing” dan hasilnya juga membanggakan. Sayangnya ibu seperti beliau tidak banyak ada. Dan fakta saat ini, tidak semua wanita memiliki kemampuan, kemauan dan waktu yg cukup untuk itu. Dengan tingkat kemiskinan dan pendidikan yg rendah di banyak kota dan desa, disinilah PAUD sangat dibutuhkan untuk melengkapi bahkan memperbaiki kekurangan para ibu (muda), yang kurang pemahaman ttg pendidikan anak usia dini. PAUD memiliki konstribusi yang sangat signifikan di dunia pendidikan saat ini. Semoga banyak ibu yang menyadari arti pentingnya pendidikan untuk anak usia dini.

    Reply
  3. kebanyakan ibu rumah tangga sekarang maunya ikut membantu suami untuk mencari nafkah karena tuntutan ekonomi, sehingga mereka kekurangan waktu untuk mendidik dan mengasuh anak2 mereka. sekarang banyak berdiri lembaga pendidikan anak usia dini yang merupakan salah satu solusi untuk ibu2 yang sibuk. karena disana tidak hanya mengasuh tapi juga mendidik mereka untuk bersosialisasi dan mempersiapkan diri untuk pendidikan selanjutnya.

    Reply
  4. Sejak dalam kandunganpun, musik klasik dapat membantu perkembangan otak anak. apalagi masa Usia Emas anak 4 tahun pertama. itu akan sangat berpengaruh terhadap daya kembang mereka di masa mendatang

    Reply
  5. Pendidikan dasar untuk anak usia dini sangatlah penting, masa golden age ini hendaknya tidak disia-siakan, perlu kepedulian semua elemen ( pemerintah, orang tua dan masyarakat) sebagai yang berkewajiban untuk hendaknya mengakomodasi perlunya pendidikan anak usia dini ini. Trim’s

    Reply
  6. pendidikan usia dini sangat perlu di tanam sejak dini,
    oleh karena itu para orangtua harus memiliki bekal yang cukup dalam mendidik anaknya.

    Reply
  7. Sebenarnya masa usia dini 1-5 tahun adalah masa egoisentrisme anak sangat tinggi.
    Maka dari itu peranan orangtua sangatlah penting didalamnya.

    Reply
  8. sampai saat ini di daerah kami umumnya Jawa tengah masih jarang ditemukan PAUD di tingkat administrasi desaberbeda dengan Jawa Barat yg sudah begitu populer dgn Paud.

    Reply
  9. Di Indonesia sebaiknya PAUD menjadi fokus Pemerintah untuk bisa digratiskan, sehingga fondasi pendidikan kita bisa lebih berkualitas.

    Reply

Leave a Comment