Pengertian Resiliensi

ResiliensiDaya lentur (resilience) merupakan istilah yang relatif baru dalam khasanah psikologi, terutama psikologi perkembangan. Paradigma resiliensi didasari oleh pandangan kontemporer yang muncul dari lapangan psikiatri, psikologi, dan sosiologi tentang bagaimana anak, remaja, dan orang dewasa sembuh dari kondisi stres, trauma dan resiko dalam kehidupan mereka (Desmita, 2006: 228). Selanjutnya berpendapat bahwa:

Resiliensi adalah kemampuan atau kapasias insani yang dimiliki seseorang, kelompok atau masyarakat yang memungkinkan untuk menghadapi, mencegah, meminimalkan dan bahkan menghilangkan dampak-dampak yang merugikan dari kondisi-kondisi yang tidak menyenangkan, atau bahkan merubah kondisi yang menyengsarakan menjadi suatu hal yang wajar untuk diatasi. yang sangat dibutuhkan dalam setiap orang.

Grotberg (1995: 10) menyatakan bahwa resiliensi adalah kemampuan seseorang untuk menilai, mengatasi, dan meningkatkan diri ataupun mengubah dirinya dari keterpurukan atau kesengsaraan dalam hidup. Karena setiap orang itu pasti mengalami kesulitan ataupun sebuah masalah dan tidak ada seseorang yang hidup di dunia tanpa suatu masalah ataupun kesulitan. Hal senada diungkapkan oleh Reivich dan Shatte (1999: 26), bahwa resiliensi adalah kapasitas untuk merespon secara sehat dan produktif ketika menghadapi kesulitan atau trauma, dimana hal itu penting untuk mengelola tekanan hidup sehari-hari.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa resilience yaitu kapasitas individu untuk mengatasi, dan meningkatkan diri dari keterpurukan, dengan merespon secara sehat dan produktif untuk memperbaiki diri, sehingga mampu menghadapi dan mengatasi tekanan hidup sehari-hari.

12 thoughts on “Pengertian Resiliensi”

  1. saya berminat dengan teori2 atau pengertian Resiliensinya, cara mendapatkannya gimana? mohon info lebih lanjutnya ya…terima kasih.

    Reply
  2. @Andi dan Nila : ini beberapa literatur yang mengkaji teori resiliensi, bukunya sebagian ada di toko buku kok….

    Grothberg, E. (1995). A Guide to Promoting Resilience in Children: Strengthening the Human Spirit. The Series Early Childhood Development : Practice and Reflections. Number8. The Hague : Benard van Leer Voundation.

    Grothberg, E. (1999). Tapping Your Inner Strength, Oakland, CA : New Harbinger Publication, Inc.

    Reivick, K & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor: 7 Essential Skills for Overcoming Life’s Inevitable Obstacles. New york: Broadway Books

    Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

    Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

    Reply
  3. saya mau tanya, apakah resiliensi penyintas atau korban bencana masih bisa diukur meski bencananya sudah terjadi 3 tahun sebelumnya?

    Reply
    • Jika mengukur tingkat resiliensi anak pasca bencana setelah 3 tahun itu efek dari bencana terhadap anak mungkin sudah hilang, karena resiliensi tersebut dapat meningkat dengan bantuan orang-orang disekitarnya secara alami.

      Reply
  4. saya mau tanya, apakah resiliensi penyintas atau korban bencana masih bisa diukur meski bencananya sudah terjadi 3 tahun sebelumnya?

    Reply
  5. Mau tanya dong, teori resiliensi itu bisa digunakan untuk ranah move on pada pasangan yang putus cinta dan bisa gak kalo dibedakan resiliensi pria dan wanita? Karena saya tertarik untuk meneliti tentang perbedaan move on antara pria dan wanita, dan banyak yang berasumsi bahwa pria itu lebih cepat move on. Terima kasih atas jawabannya πŸ™‚

    Reply
  6. Mau tanya dong, teori resiliensi itu bisa digunakan untuk ranah move on pada pasangan yang putus cinta dan bisa gak kalo dibedakan resiliensi pria dan wanita? Karena saya tertarik untuk meneliti tentang perbedaan move on antara pria dan wanita, dan banyak yang berasumsi bahwa pria itu lebih cepat move on. Terima kasih atas jawabannya πŸ™‚

    Reply
  7. admin saya mau tanya, buku-buku tentang resiliensi yang di rekomendasikan kira-kira harganya berapa ya? terimakasih banyak infonya πŸ˜€

    Reply
  8. admin saya mau tanya, buku-buku tentang resiliensi yang di rekomendasikan kira-kira harganya berapa ya? terimakasih banyak infonya πŸ˜€

    Reply

Leave a Comment