Macam-macam Penyakit Kelamin

Macam-macam Penyakit Kelamin

Penyakit KelaminSudah tahu berbagai macam-macam penyakit kelamin? Jika belum, semoga informasi dibawah ini berguna untuk mengenali berbagai penyakit kelamin, penularan penyakit kelamin  dan penyembuhannya.

Menurut Wikipedia.org, penyakit kelamin merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman yang ditularkan melalui hubungan seks oral maupun melalui hubungan antar kelamin. Maka dari itu, untuk menghindari penyakit kelamin ini dianjurkan agar tidak melakukan hubungan seks secara sembarang dan tidak membabi buta. Setia pada pasangan atau menggunakan alat pengaman seperti kondom adalah alternatifnya.

Sebagian besar penyakit kelamin hingga saaat ini sudah ditemukan obatnya, kecuali penyakit Aids yang memang tidak hanya menular lewat hubungan kelamin tapi sebagian besar ditularkan melalui jarum suntik.

Berikut adalah beberapa penyakit kelamin beserta bakteri yang menyebakannya dan sekilas cara pencegahan dan pengobatannya, yang dikemukan Dr. Taylor dari Health Awareness Connection (HAC), Broklyn USA :

Macam-macam Penyakit Kelamin

GONORRHEA & CHLAMYDIA

  • Disebabkan oleh bakteri. Infeksi dimulai beberapa hari sampai beberapa minggu setelah hubungan intim dengan orang yang terjangkit penyakit kelamin ini;
  • Pada pria, penyakit kelamin ini menyebabkan keluarnya cairan dari kemaluan pria. Buang air kecil dapat terasa sakit. Gejala-gejala ini dapat terasa berat atau tidak terasa sama sekali;
  • Gejala-gejala gonorrhea pada wanita biasanya sangat ringan atau tidak terasa sama sekali, tetapi kalau tidak diobati penyakit kelamin ini dapat menjadi parah dan menyebabkan kemandulan;
  • Penyakit kelamin ini dapat disembuhkan dengan antibiotik bila ditangani secara dini.

HERPES

  • Disebabkan oleh virus, dapat diobati tetapi tidak dapat disembuhkan;
  • Gejala timbul antara 3 sampai 10 hari setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit kelamin  ini;
  • Gejala awal muncul seperti lecet yang kemudian terbuka menjadi lubang kecil dan berair;
  • Dalam 5 sampai 10 hari gejala hilang;
  • Virus menetap dalam tubuh dan dapat timbul lagi sesuatu saat, dan kadang-kadang sering;
  • Wanita kerap kali tidak sadar bahwa ia menderita herpes karena lecet terjadi di dalam vagina.

INFEKSI JAMUR

  • Disebabkan oleh jamur;
  • Menyebabkan kegatalan berwarna merah di bawah kulit pria yang tidak disunat;
  • Pada wanita akan ke luar cairan putih kental yang menyebabkan rasa gatal;
  • Dapat disembuhkan dengan krim anti jamur.

SYPHILIS

  • Disebabkan oleh bakteria. Lesi muncul antara 3 minggu sampai 3 bulan setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit kelamin  ini;
  • Luka terlihat seperti lubang pada kulit dengan tepi yang lebih tinggi. Pada umumnya tidak terasa sakit;
  • Luka akan hilang setelah beberapa minggu, tetapi virus akan menetap pada tubuh dan penyakit kelamin ini dapat muncul berupa lecet-lecet pada seluruh tubuh Lecet-lecet ini akan hilang juga, dan virus akan menyerang bagian tubuh lain;
  • Syphilis dapat disembuhkan pada tiap tahapan dengan penicillin;
  • Pada wanita lesi dapat tersembunyi pada vagina.

VAGINISTIS

  • Infeksi pada vagina yang biasanya menyebabkan keluarnya cairan dari vagina yang berbau dan menimbulkan ketidaknyamanan;
  • Disebabkan oleh berbagai jenis bakteri (bakteri gonorrhea, chlamydia) atau jamur;
  • Juga dapat disebabkan oleh berbagai bakteri tidak berbahaya yang memang menetap pada vagina;
  • Dapat diselidiki dengan meneliti cairan vagina tersebut dengan mikroskop;
  • Pada umumnya dapat disembuhkan dengan obat yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

BISUL PADA ALAT KELAMIN

  • Disebabkan oleh virus (Virus Human Papilloma atau HPV);
  • Muncul berupa satu atau banyak bisul atau benjolan antara sebulan sampai setahun setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit kelamin tersebut;
  • Pada umumnya tidak dapat terlihat pada wanita karena terletak di dalam vagina, atau pada pria karena terlalu kecil. Dapat diuji dengan lapisan cuka;
  • Dapat berakibat serius pada wanita karena dapat menyebabkan kanker cervix;
  • Bisul pada kelamin ini dapat disembuhkan, wanita harus menjalankan pap smear setiap kali berganti pasangan intim.

KUTU KELAMIN

  • Sangat kecil (lebih kecil atau sama dengan 1/8 inch), berwana kelabu kecoklatan, menetap pada rambut kemaluan;
  • Dapat disembuhkan dengan obat cair yang digosokkan pada rambut kelamin.

KUTU DI BAWAH KULIT

  • Mirip dengan kutu kelamin, tetapi ukurannya lebih kecil dan menetap di bawah kulit;
  • Menyebabkan luka-luka kecil dan gatal di seluruh tubuh;
  • Diobati dengan obat cair yang diusapkan ke seluruh tubuh;
  • Pakaian, seprei dan handuk harus dicuci setelah pengobatan, karena kutu dapat menetap pada kain-kain terebut.

AIDS (ACQUIRED IMMUNE DEFICIENCY SYNDROME)/HIV DISEASE

  • Penyakit kelamin akibat hubungan intim yang paling serius, menyebabkan tidak bekerjanya sistim kekebalan tubuh;
  • Tidak ada gejala yang nyata tanpa penelitian darah;
  • Dapat menyebabkan kematian setelah sepukuh tahun setelah terinfeksi virus HIV, tetapi pengobatan (red : tidak menyebuhkan secara total) telah ditemukan;
  • Disebarkan melalui hubungan intim dan pemakaian jarum suntik secara bersamaan.

Itulah sekilas jenis-jenis penyakit kelamin, baik yang bisa disembuhkan maupun yang tidak. Satu hal yang pasti : “Mencegah tentunya lebih baik dari pada mengobati!” – Jadi, waspadalah!

sumber: http://feedproxy.google.com/~r/Strov/~3/GccjvkzM20s/mengenal-penyakit-kelamin.html

Kata kunci artikel :

Macam-macam Penyakit Kelamin

57 thoughts on “Macam-macam Penyakit Kelamin”

  1. terima kasih tp boleh minta resp…saya kadang kadang merasa gatal dan bintik bintik karena jujur aja dulu pernah berhubungan dengan wanita lain

    Reply
    • itu bisa disebabkan karena jamur yang menempel di kulit kelamin..usahakan agar selalu mencukur rambut kelamin secara teratur. serta bersihkan secara teratur ketika mandi. info lebih lengkap bisa hubungi alrezafabrioza@ymail.com

      Mahasiswa sexology.

      Reply
      • mohon infonya, d sekitar dinding vagina terasa gatal dan setelah 2 hari muncul seperti orang biduran. apa itu penyakit kelamin? obatnya apa y? terima kasih

        Reply
    • besar kemungkinan itu herpes,
      segera ambil tindakan medis.
      sementara bisa gunakan salep “GENTASOLON” bsa didapatkan di apotek terdekat.

      Reply
  2. dok, saya mau tanya, sminggu yg lalu saya merasakan perih saat buang air kecil. ketika saya perhatikan ternyata rasa perih bukan berasal dr lubang untuk buang air kecil tetapi seperti ada luka bagian labia, makin hari terlihat seperti bernanah. dan skrg nanah itu pun sudah tidak ada tetapi berbekas dan terasa perih ketika terkena air. Apa ini “Bisul” seperti penjelasan diatas? Apa solusi nya? Apakah ada obatnya? mohon bantuannya. Terimakasih

    Reply
    • dok,saya mau tanya saya habis melakukan hubungan intim tetapi kenapa setelah itu
      labia saya kok lecet,apa karena saya punya diabetes,ataukah ada penyakit lain?

      Reply
  3. Dokter, saya mau tanya apakah penyakit kelamin bisa tertular tanpa hubungan ? saya sudah menikah dan tidak jajan, tetapi kok saya seperti kena penyakit kelamin.
    Kencing perih, diawali seperti tersayat kecil tapi dua hari sembuh, sekarang saluran kencing saya perih dan panas.
    Apakah tertular dari istri ? sedangkan istri saya setia
    Mohon petunjuknya Dokter

    Terima kasih

    Reply
  4. Sya mw tnya dok,sdh 1 mggu lebih bagian luar sering terasa gataL bhkan mengeluarkan cairan kentaL putih sprti keputihan…
    Stiap x sya garuk terasa perih n skt,bhkan skrg mncuL sprti bnjolan bisuL kciL…sdh sya obti dgn pmbrsh kwanitaan ttp sja msh trasa gataL…
    Apa tu trmsk pnykit klmin n sya mnta solusi’y…
    Trmksh,,, 🙂

    Reply
    • dok saya mau tanya saya sering mengalami gatal di bagian organ kewanitan saya …
      bahkan sekarang ad seperti benjolan kyak habis di gigit nyamuk dan itu terasa gatal dan prih akan tetpi sesekali hilng namun kehilangannya memberikan bekas seperti kerak gitu dokk..
      ap itu penyakit kelamin dokkk..
      kalau emang itu penyakit , emang penyakit apa dok..?
      dan apa obat yang bisa menyembuhkannya..?

      Reply
  5. Saya mau tanya juga dong pada batang dan ujung kelamin saya terasa gatal dan merah merah apa itu termasuk penyakit kelamin ya padahal saya tidak pernah berhubungan sex.??

    Reply
  6. saya mau tanya dok, beberapa hari ini penis saya di bagian kepala ada seperti lecetnya, dan sedikit berair, mulanya cuma 1 tp sekarang jadi 3, lali bagian kulit bawah terasa gatal sekali, padahal kl saya lihat tidak ada apa2nya, saya belum pernah berhubungan intim dok, kira2 kenapa ya? trimakasih

    Reply
  7. saya mau tanya dok,
    setiap saya buang air kecil penis bagian ujung saya terasa sakit,pertamanya cuma nahan buag air kecil donk.
    itu penyakit apa ya?
    terimakasih

    Reply
  8. Dok, sy mau tanya, pada alat kelamin sya itu ada benjolan putih di bagian dalamnya,,awalnya sy dpat penyakit genorhea, tp lama kelamaan muncul benjolan itu,,???ini penyakit apa dok?

    Reply
  9. dok saya mw tanya rasa perih di perut samping kiri di bawa dikit trus jenis vagina yg normal gimn dok
    By ira di aceh

    Reply
  10. maaf dok sya prnh brhubungan sdah lama maaf y dok..kpla mr X sya gk bsa kluar jd saat brhubungan prnh sya pksa tarik akhrnya sobek dan brdarah tp sya gk sdar dan mgkin ada darah yg masuk dlm vagina atau rahimnhya apakah brbhaya ama sya atau ama cewk itu. mkasih

    Reply
  11. maaf dok sya tanya saya sakit pada biji kelamin sya dipegang agak keras dan agak besar serta agak kebawah sakit.mau tanya itu krna ap ya dok dan ap obatnya,bahaya gk ?
    ,sya mohon informasinya dok

    Reply
  12. Dok.. Setiap saya buang air kecil sakit terus kadang suka mengeluarkan gumpalan darah warna hitam (semacam darah haid). Saya menderita penyakit apa dok dan bagaimana cara penyembuhannya. Mohon sarannya dok, terimakasih..

    Reply
  13. mas, ko kemaluan saya menjadi bentol yaa. tapi bentol nya hanya 1 titik saja. seperti di gigit nyamuk. ini udah hampir 3 hari ga ada perubahan. Dampak nya gatal.

    Tau ga apa nama penyakit ini.

    Reply
  14. dok..saya difonis terkena herpes pada kelamin…bisa sembuh total gak,..?.berpengaruh gak pada rahim, karena saya sudah 2 tahun belum hamil……dan gimana solusinya…..tmksh

    Reply
  15. Dikulit kelamin diatas vagina and pria ada bentolan bentolan gatal nya minta ampun, apalagi hbs mandi gatal banget, sdh dikasih salep and cuci pake pembersih tetap gatal bukan bisul
    Kalo dh hbs digaruk dicuci perih sepaerti bekas luka.
    Itu bagaimana penanganan nya dokter. Makasihj

    Reply
  16. dok sya mau nanya, stelah saya berhubungan terlarang knp tiba” ari-ari sya terasa nyilu,? apkh itu trmsuk gjla HIV dok? dan knpa kaki sya mudah skli luka dok,? pdhl cuma gatal aja trs saya garuk ko bsa luka dan berdarah, pdhl biasa x gk prnh yg seperti itu, sya takut x klo itu gejala awal HIV,, pdhl sya paling anti dengan HIV, dan termasuk org yg sngt menjga kesehatan. pdhl wkt itu sya cuma mau nemenin teman sya aja dok buat boking. jablay, kok mlh saya jdi ikut terpengaruh jga, saya sangat menyesali x dok, dan berharap wkt bsa diulang lagi, agr gk terjadi yg begituan. apalagi saya golongan org yg terpelajar dan berpendidikan, dan sya melahkukan itu untuk yg pertama kali x dok,

    Reply
  17. Dok apakah sakit gonore atu siplis bsa menyebabkan kematian atu termasuk sakit HIV atu AIDS, dan bsakah di obati, klu bsa apa obatnya dok

    Reply
    • dok saya mau nanyain soal keluhan saya setelah berhubungan intim kemudian selang beberapa hari kemaluan saya mengeluarkan nana pada batang kemaluan saya terasa sakit kalau buat buang air kecil.kalau menurut dokter penyakit ini termasuk penyakit apa dan obat nya apa?
      terima kasih

      Reply
  18. Dok apakah saya terkena penyakit,,soal nya waktu saya abis berhubungn intim saya mengalami sakit dan ke esokan hari nya keluar cairan putih dan berbau trus kalo buang air kecil agak agak sedikit pedih,,saya takut dok tolong jelas kn ada apa dengn saya

    Reply
  19. Saya mau tanya dok. Kemaluan saya gatal gatal kalau digaruk langsung memerah itu penyakit apa ya dok? Dan obatnya apa? Terimakasih

    Reply
  20. Tapi yang terakhir saya masih sangat ragu kata kata AIDS (acquared immune defifiency virus) di sebabkan oleh HIDV/HIV (human immune defisiency virus) karena nama virus ini yang sebenar nya adalah ALV (associated lymphadenopaty virus).. Keraguan: banyak penderita AIDS tanpa ditemukan virus HIDV/HIV dalam tubuh mereka, para pakar seluler dari seluruh dunia sangat jelas menyatakan retrovirus tidak bisa membunuh sel t helper lalu bagaimana HIDV dapat menyebabkan immune defisiensy?, penentang utama HIDV/HIV dapat penyebab kan AIDS adalah Profesor Peter Duesberg Ph.D seoerang pakar melekuler dan seluler dari salah satu universitas terbaik dunia (university of california, barkeley) yang mendapat banyak penghargaan dari WHO dengan pengalaman di bidang nya lebih 50 tahun, sang pencetus HIV/AIDS adala Robert Gallo Ph.D tanpa melewati ujicoba oleh para pakar/profesor.. Robert Gallo sendiri bukan profesor

    Reply
  21. Kita harus dukung HIV penyebab AIDS walaupun gag ada yang bisa membuktikan walaupun si robert gallo sang pengklaim HIV lah penyebab AIDS. Informasi dongok membodohi masyarakat sehingga mereka mati karena stress bukan karena HIV

    Reply
  22. dok penyakit apa ya diantara vagina dan anus saya kk timbul semacam daging tumbuh dan itu jga gak cuman satu ada beberapa, apa yang harus saya lakukan dok, dan bagaimna pengobatanx, bisa d sembuhkan srcara total gak dok,,,,,,

    Reply

Leave a Comment